Page 34 - Lokananta #36
P. 34

Pendidikan


     Di Indonesia

     Oleh : Diravadellia Tammara, X MIPA 6






                                             Pendidikan  merupakan   ang  pancang
                                      kebudayaan  dan  pondasi  utama  untuk
                                      membangun peradaban bangsa. Kesadaran akan
                                      ar   pen ng  pendidikan  akan  menentukan
                                      kualitas  kesejahteraan  lahir  ba n  dan  masa
                                      depan warganya.
      Oleh  karena  itu  substansi  pendidikan,  materi  pengajaran  dan  metodologi

    pembelajaran,  serta  manajemen  pendidikan  yang  akuntabel  susah  seharusnya
    menjadi perha an bagi para penyelenggara Negara. Terbuk  bahwa seluruh bangsa
    yang berhasil mencapai  ngkat kemajuan kebudayaan dan teknologi  nggi mes
    disangga oleh kualitas pendidikan yang sangat kokoh.
           Namun  eksistensi  pendidikan  yang  ada  di  Indonesia  pada  saat  ini  masih
    menjadi permasalahan karena masih banyak anak bangsa yang belum mendapatkan
    pendidikan yang sebagaimana mes nya dan ada juga yang sama sekalipun belum
    pernah  mencicipi  bangku  sekolah  sama  sekali  contoh  kecilnya  saja  anak  yang
    terlantar hal ini sangat memperiha nkan. Sebenarnya mereka juga mempunyai hak
    yang sama seper  anak-anak yang sudah mendapat pendidikan yang layak seper
    contoh  anak  orang  kaya.  Arah  bangsa  nan nya  ada  pada  tangan  mereka  karena
    merekalah nan nya yang akan menjadi penerus perjuangan bangsa.
         Pendidikan merupakan hak se ap warga negara, namun masih ada beberapa  dari
    mereka yang belum mendapatkan hak tersebut. Hingga saat ini, peluang terbesar
    untuk memperoleh akses pendidikan yang baik hanya anak orang kaya dan pintar.
    Dengan bermodalkan kemampuan ekonomi yang lebih dari cukup, didukung dengan
    kemampuan berpikir  nggi, menjadi faktor pendukung untuk memperoleh akses
    pendidikan yang lebih baik. Mereka berpeluang besar memasuki sekolah-sekolah elit,
    berkualitas,  berstandar  nasional,  bahkan  internasional.  Hal  ini  menciptakan
    lingkungan belajar-mengajar yang kondusif, karena ditunjang dengan kualitas anak
    didik yang punya daya pikir  nggi.   Selain itu, tersedianya sarana prasarana yang
    lengkap membantu untuk mewujudkan pendidikan yang mapan.
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39