Page 34 - Lokananta #36
P. 34
Pendidikan
Di Indonesia
Oleh : Diravadellia Tammara, X MIPA 6
Pendidikan merupakan ang pancang
kebudayaan dan pondasi utama untuk
membangun peradaban bangsa. Kesadaran akan
ar pen ng pendidikan akan menentukan
kualitas kesejahteraan lahir ba n dan masa
depan warganya.
Oleh karena itu substansi pendidikan, materi pengajaran dan metodologi
pembelajaran, serta manajemen pendidikan yang akuntabel susah seharusnya
menjadi perha an bagi para penyelenggara Negara. Terbuk bahwa seluruh bangsa
yang berhasil mencapai ngkat kemajuan kebudayaan dan teknologi nggi mes
disangga oleh kualitas pendidikan yang sangat kokoh.
Namun eksistensi pendidikan yang ada di Indonesia pada saat ini masih
menjadi permasalahan karena masih banyak anak bangsa yang belum mendapatkan
pendidikan yang sebagaimana mes nya dan ada juga yang sama sekalipun belum
pernah mencicipi bangku sekolah sama sekali contoh kecilnya saja anak yang
terlantar hal ini sangat memperiha nkan. Sebenarnya mereka juga mempunyai hak
yang sama seper anak-anak yang sudah mendapat pendidikan yang layak seper
contoh anak orang kaya. Arah bangsa nan nya ada pada tangan mereka karena
merekalah nan nya yang akan menjadi penerus perjuangan bangsa.
Pendidikan merupakan hak se ap warga negara, namun masih ada beberapa dari
mereka yang belum mendapatkan hak tersebut. Hingga saat ini, peluang terbesar
untuk memperoleh akses pendidikan yang baik hanya anak orang kaya dan pintar.
Dengan bermodalkan kemampuan ekonomi yang lebih dari cukup, didukung dengan
kemampuan berpikir nggi, menjadi faktor pendukung untuk memperoleh akses
pendidikan yang lebih baik. Mereka berpeluang besar memasuki sekolah-sekolah elit,
berkualitas, berstandar nasional, bahkan internasional. Hal ini menciptakan
lingkungan belajar-mengajar yang kondusif, karena ditunjang dengan kualitas anak
didik yang punya daya pikir nggi. Selain itu, tersedianya sarana prasarana yang
lengkap membantu untuk mewujudkan pendidikan yang mapan.