Bedah Novel “Gathers Under Moon” Karya Ali Akbar Velayaty - SMAN 1 Sewon

Berita

SMAN 1 Sewon

Bedah Novel “Gathers Under Moon” Karya Ali Akbar Velayaty

Oleh person   | 00 0000 Dibaca : 64 kali



Bedah Novel “Gathers Under Moon” Karya Ali Akbar Velayaty

Dunia buku adalah suatu media yang memberikan gambaran untuk membebaskan diri dalam berfantasi. Setiap orang atau pembaca memiliki cara dan sudut yang berbeda dalam berfantasi atau menggambarkan sesuatu. Disinilah letak keistimewaan dari sebuah buku yang memberikan gambaran dan kebebasan bagi para pembaca dalam berimajinasi. Adakalanya, seorang penulis buku mempunyai tujuan bukan sekedar memberikan ruang berimajinasi bagi para pembacanya. Melainkan memberikan pesan-pesan tersurat dan tersirat dalam cerita yang disajikan. Beberapa pesan yang dituliskan meliputi pesan moral, pesan psikologi pelaku dansuasana yang digambarkan dan pesan tentang sudut pandang penulis terhadap suatu permasalahan. Dalam era globalisasi yang penuh dengan tawaran dari media-media yang lain mengenai kebebasan berimajinasi dan daya tarik serta kelebihan yang ditawarkan, membuat dunia buku atau tulis kehilangan beberapa pembaca yang awalnya menikmati kebebasandalam berimajinasi yang ditawarkan oleh buku beralih pada media lain yang dirasa lebih dapat memberikan tawaran dalam penggambaran sesuatu secara lebih jelas dan nyata.

Pada hari Kamis, 27 Juli 2023, Perpustakaan Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon mengadakan kegiatan Bedah Buku berjudul “Gathers Under Moon” dengan mengundang penulis bukunya yaitu Ali Akbar Velayaty, salah satu alumnus SMAN 1 Sewon tahun 2022. Kegiatan bedah buku ini dilaksanakan di ruang meeting lantai 2 SMAN 1 Sewon dengan diikuti oleh anggota Pegiat Literasi Remaja Perpustakaan Wijaya Bhakti, perwakilan anggota organisasi Lokananta, dan peserta lomba cerpen Tingkat SMP se-Kabupaten Bantul. Isi dari buku tersebut adalah sebuah cerita fantasi yang mengisahkan perjuangan beberapa orang manusia dengan kekuatan special melawan para pembeontak yang berusaha menguasai bumi dan perjuangan di penyihir muda mendalami kemampuannya untuk dapat bergabung dan membantu para pejuang melawan pemberontak.

Bedah buku yang diadakan ini merupakan suatu media dan cara untuk mengembalikan dan menumbuhkan rasa cinta buku pada masyarakat umum. Kegiatan ini juga sebagai media pertemuan dan berbagi secara langsung para pembaca dengan penulisnya. Bahasan yang dikaji meliputi kajian psikologi unsur-unsur lain yang dituliskan. Disini juga penulis buku akan menggambarkan secara gamblang dan jelas tentang isi dan tujuan penulisan sehingga persepsi para pembaca dapat membantu dalam pemahaman isi buku. Dari kegiatan ini diharapkan kehadiran tokoh penulis dapat memberi sumbangan pemikiran yang tidak ternilai harganya. Selain itu juga akan menginspirasi pembacanya untuk meraih prestasi atau mendedikasikan pengabdiannya bagi kemajuan masyarakat dan bangsa.